Traveling, Uncategorized

Jalan-Jalan Ke Cililin

Sudah enam tahun lebih tinggal di Bandung, tapi baru pertama berkunjung ke Cililin. Yang ada dalam bayangan saya, Cililin selayaknya sebuah desa dengan sawah-sawah, kebun-kebun dan jalan yang tidak ramai. Serta mobil yang masih jarang. Tapi ternyata saya salah, Cililin adalah daerah yang sudah ramai oleh kendaraan dan jalanannya juga sangat bagus untuk dilalui. Bahkan minimarket pun banyak.

Cililin adalah salah satu daerah di Kabupaten Bandung. Ia termasuk daerah Bandung Barat. Jadi kalau dari daerah Bandung Timur perjalanan lumayan jauh. Dari bunderan Cibiru, kita harus naik bis kota sampai Leuwi Panjang, harga damri Rp.5000. Setelah itu naik lagi bis seperempat namanya Madona. Dengan ongkos biasanya Rp.15.000. Jadi dari Cibiru ke Cililin kalau untuk ongkos saja, bisa sampai Rp.40.000 pulang pergi.

Ke Cililin saya mengunjungi teman sewaktu S1, dia di daerah Rancapanggung. Daerah di sana masih sama panasnya seperti di Kota Bandung. Jalanan yang dilalui untuk kesana cukup menanjak, tapi jalanan lumayan lebar untuk dilalui kendaraan besar. Kawasan penduduknya juga lumayan penuh, dan seperti saya bilang tadi, Cililin bukan daerah pedesaan, jika bensin habis kita bisa menemukan SPBU yang lumayan besar.

Di perjalanan menuju Rancapanggung, saya melewati banyak jembatan dengan bendungan yang sangat besar. Bahkan ada satu jembatan yang di bawahnya digunakan untuk penangkaran ikan. Serta tempat wisata. Itu tepat sebelum Rancapanggung.

Tempat Wisata dan Jalan-Jalan di Cililin

Saya sempat ragu diajak teman saya untuk pergi ke air terjun di daerah Cililin. Saya pikir, air terjun pasti sangat sulit dilalui. Atau mungkin airnya kering karena sedang musim kemarau.

Tapi ternyata di daerah Rancapanggung ada sebuah tempat wisata yang tidak jauh dari rumah teman saya, yaitu curug putri. Curug putri adalah tempat wisata di daerah Cililin yang berbeda dari curug-curug yang pernah saya kunjungi. Curug disana di tata dengan sangat alami namun menyenangkan untuk dikunjungi.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Banyak tempat untuk duduk lesehan atau botram bareng teman-teman dan keluarga. Kebetulan waktu itu bukan hari libur, jadi tidak ada orang satupun di sana. Tempat yang luas dengan beberapa kolam ikan dan tempat bermain itu seperti sedang kita sewa untuk bertiga saja.

Tiket masuk ke sana cukup murah, kita cuma bayar Rp.10.000 dan bisa ditukar dengan minuman.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Curugnya dimana?

Saya tidak tahu curugnya dimana, karena sudah terpesona dengan tempatnya yang sangat nyaman dan sepi. Tempat ini cocok banget untuk liburan keluarga atau mungkin reunian kalau sedang sepi kaya gini.

IMG_20160811_115624

2 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Cililin”

  1. Wow, bagus juga tempat ini.
    enaknya sambil ngopi panas nih.
    bagaimana dengan transportasi ke sana ya, enaknya bawa motor sendiri atau naik angkot umum?
    terima kasih

    Like

Leave a Reply

